Celebes

Jumat, 22 Januari 2021 - 08:42 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Warga di Ulumanda, Terobos Jalan Rusak Jemput Bantuan

Mamuju, Pojokcelebes.com | Intensitas hujan yang tinggi ditambah dengan guncangan gempa dengan kekuatan 6,2 Magnitudo. Membuat akses jalan Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene, tertimbun longsor di dua titik, akibatnya Lima desa dinyatakan terisolir. Jumat ( 15/1 ) lalu.

Sekcam Ulumanda Ahmad Fachri kepada Merdeka.com, saat ini warga yang mengungsi ada ribuan pengungsi dilima desa tersebut. Bertepatan dengan longsor dan bencana gempa bumi, membuat lima desa terisolir karena dua titik jalur Ulumanda tertimbun longsor material bebatuan yang cukup besar.

” Saat ini sudah ada yang kerja alat berat namun belum juga bisa tembus kendaraan roda dua dan empat. Hanya pejalan kaki saja yang bisa tembus,” jelasnya.

Menurut Ahmad, titik longsor terparah ada di dua titik tepatnya di jalur Desa Tandiallo. Jalur ini kata dia, jalur utama jika ingin tembus Kelima desa yang terisolir.

Lanjut kata dia, saat ini warga yang terdampak gempa sudah mulai sakit – sakitan seperti panas dan batuk. Untuk saat ini, warga yang terdampak gempa harus menunggu kedatangan helikopter yang mengangkut logistik gempa. Tetapi jika ada warga yang kurang kebutuhan pokok, terpaksa harus lebih memilih menjemputnya dengan jalan kaki 

” sebagian warga kalau butuh bantuan harus datang sendiri yang datang menjemputnya dan mereka pulang berjalan kaki ke gunung. Ini mereka lakukan karena kondisi jalan belum tembus roda dua dan empat,” jelas muda ini.

Masih dia, untuk saat ini ribuan masyarakat di atas gunung tersebut yang bisa dinyatakan semua terdampak gempa. Proses logistik gempa harus melalui udara dengan menggunakan pesawat helikopter.

” Iya suplai bantuan untuk warga, mobile ji masuk lewat udara pakai helikopter. Kita berharap musibah ini cepat usai,” pintanya. Aji

Artikel ini telah dibaca 220 kali

#WARTA FOTO
FOTO IRIGASI TOMMO
Baca Lainnya