Celebes

Senin, 25 Januari 2021 - 22:54 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Tangki Air Bersih PMI Sulteng, Tanggap Siapkan Kebutuhan Air Bersih Pengungsi 

Pojokcelebes.com – Relawan Palang Merah Indonesia ( PMI ), juga memiliki peran penting dalam membantu masyarakat Mamuju dan Majene pada pasca gempa. Selain menyiapkan donor darah kepada yang membutuhkan, yang paling berperan dan terlihat adalah banyak – banyaknya tangki – tangki mobil relawan PMI yang menyuplai air bersih ke posko – posko pengungsi gempa.

Seperti relawan PMI dari Palu Provinsi Sulawesi Tengah, dua hari pasca gempa. Mobil tangki warna putih berlogo Palang Merah itu, sangat aktif mengitari jalur- jalur pengungsi, hanya untuk menyuplai air bersih sehingga kebutuhan air bersih bagi warga yang terdampak gempa cepat terpenuhi. 

Emil salah seorang relawan PMI dari Sulteng, sejak gempa terjadi di Sulawesi Barat, relawan PMI asal Sulteng ini langsung bergerak ke Mamuju dan Majene, untuk melakukan misi kemanusiaan. Diantaranya adalah menyediakan kebutuhan air bersih kesetiaan posko.

Emil mengaku, mobil tangki yang dikendarai sejumlah relawan PMI yang beroperasi berjumlah 8 unit. 6 dalam kota Mamuju dan 2 beroperasi di Malunda Majene dan sekitarnya. Mobil milik PMI ini semua aktif hingga saat ini dan setiap hari menyuplai air bersih kepada pengungsi bahkan ke kerumah – rumah warga.

” Iya, hingga saat memasuki hari ke 9 pasca bencana, mobil tangki masih aktif menyuplai air bersih ke posko – posko pengungsi yang terdampak gempa. Tidak hanya itu, tangki ini juga selalu menyuplai air rumah – rumah warga yang masih membutuhkan air bersih, ” jelasnya.

Dia mengaku, dampak gempa membuat perusahaan daerah air minum ( PDAM ) di kota Mamuju, mati total. Bahkan hingga hari ini, masih banyak warga yang mengaku air PAM nya masih macet.

” Masyarakat yang terdampak gempa, yang paling utama kebutuhan air. Dan mereka sangat berterima kasih adanya tangki – tangki yang menyuplai air bersih termasuk tangki relawan PMI dari Sulteng,” pungkasnya.

Salah seorang warga yang terdampak gempa, Nur, mengaku bahwa mobil tangki relawan PMI yang masih bertahan menyuplai air bersih hingga ke rumah- rumah warga sangat diapresiasi.

” Saya sangat berterima kasih kepada relawan PMI Palu, yang sampai saat ini mampu memberikan kebutuhan air kepada warga yang terdampak gempa. ” singkatannya. /Aji

Artikel ini telah dibaca 695 kali

#WARTA FOTO
FOTO IRIGASI TOMMO
Baca Lainnya