Celebes

Jumat, 29 Januari 2021 - 20:32 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Ketau PN Mamuju, Muh Sainal, melihat langsung tenda ruangan persidangan.

Ketau PN Mamuju, Muh Sainal, melihat langsung tenda ruangan persidangan.

Gedung PN Mamuju Rusak, 2 Tenda Persidangan Disiapkan

MAMUJU, pojokcelebes.com | pasca gempa yang mengguncang kota Mamuju dengan kekuatan 6,2 SK. Membuat fasilitas umum milik pemerintah mengalami rusak parah.

Seperti gedung Pengadilan Negeri / PHI / Tipikor / Kelas IA Mamuju, hampir dipastikan gedung pengadilan ini  tidak bisa digunakan untuk pelayanan karena mengalami rusak berat. 

Kondisi ini, membuat Ketua Pengadilan Tinggi ( PT ) Makassar meninjau langsung sekaligus memastikan apakah kantor tersebut bisa digunakan atau tidak.

“ Setelah kami amati, bahwa gedung PN Mamuju, kondisinya cukup parah artinya memang tidak bisa digunakan lagi. Selain gedung PN kami periksa juga rumah – rumah dinas para hakim dan juga kondisinya parah, “ kata Ketua PT melalui Agustinus Purnomohadi, salah seorang hakim PT Makassar, yang memeriksa langsung kondisi bangunan PN Mamuju serta rumah jabatan Ketua PN dan rumah hakim.

Dengan kondisi ini kata dia, untuk sementara layanan PN Mamuju sudah mulai berjalan dengan kondisi tempat darurat. Areal kantor PN dijadikan tempat – tempat pelayanan hingga tempat sidang.  

“ kalau lebih detailnya soal pelayanan di PN ini tanya langsung aja sama Ketua PN nya, tetapi saya liat itu sudah sebagian jalan. Dan semuanya pakai tenda darurat. Namun, yang menjadi persoalan ini adalah tenda BNPB, apakah bisa digunakan selamanya atau gimana. tapi saya sarankan diganti saja dan sudah kami usulkan, “ jelas Agustinus kepada pojokcelebes.com

Ditempat yang sama, Ketua PN Kelas IA Mamuju, Muh Sainal mengaku, pelayanan untuk masyarakat di PN Mamuju, sudah beberapa hari dibuka. Namun untuk persidangan akan dibuka mulai Senin besok tanggal 1 Februari 2021.  

“ Sebenarnya pelayanan sudah kami buka sejak Senin tanggal 24 kemarin, buktinya banyak warga yang urus surat keterangan, meskipun sedikit terkendala berbagai sarana yang rusak, ” jelas Sainal.

Terkait acara persidangan, pihak PN Mamuju telah menyiapkan tenda darurat untuk persidangan dan rencananya akan dibuka hari Senin, besok tanggal 1 Februari 2021.

“ Kalau persidangan mulai hari Senin kami sudah buka, karena kami telah menyiapkan dua tenda persidangan, dan kami tetap akan memberikan pelayanan ke masyarakat meskipun kondisi seperti ini,  “ pungkas Sainal. |Aji       

Artikel ini telah dibaca 910 kali

#WARTA FOTO
FOTO IRIGASI TOMMO
Baca Lainnya