Celebes

Minggu, 31 Januari 2021 - 20:18 WIB

4 minggu yang lalu

logo

Di tenda pengungsian mendapat pemeriksaan dari Medis.

Di tenda pengungsian mendapat pemeriksaan dari Medis.

Pengungsi Gempa di Tappalang dan Simboro, Sudah Mulai Sakit – Sakitan

MAMUJU, pojokcelebes.com | 17 hari pasca gempa bumi yang melanda di dua kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat ( Sulbar ). Masyarakat korban gempa saat ini sudah banyak yang mengalami sakit – sakitan, baik yang masih tinggal di pengungsian maupun yang sudah balik ke rumah.

Hasriati selaku mantan Ketua IBI Sulawesi Barat yang mendampingi rombongan Tim Dokter dari Jakarta ke titik pengungsian di Kabupaten Mamuju, mengatakan pemerintah seharusnya ada penampungan sementara bagi warga yang rumahnya tidak bisa lagi digunakan atau rusak berat karena gempa. Hal ini diminta, agar warga yang terdampak gempa bisa terkontrol kesehatannya. Jika seperti ini, warga terpencar – pencar sulit bagi tim medis untuk melihat atau mengontrol kesehatan bagi pengungsi.    

“ Seharusnya pemerintah setempat memberikan tempat penampungan sementara bagi warga khususnya bagi desa terpencil yang rumahnya mengalami rusak berat. Agar medis bisa mengontrol kondisi kesehatan mereka, bukan malah berpencar – pencar. “ Kata Hasriati. Minggu ( 31/1 )

Menurut dia, saat ini di Desa Botteng Utara Kecamatan Simboro, tim medis banyak mendapatkan anak – anak yang masih membutuhkan susu, popok. Bahkan kata dia, sebagian anak – anak sudah mulai diserang penyakit influenza dan batuk, sedangkan orang tuanya mengalami pusing, demam dan diare.

sedangkan di lingkungan Galung Kecamatan Tapalang, medis banyak menemukan warga terdampak gempa, baik anak – anak dan orang dewasa sudah mengalami penyakit Influenza, demam, panas, diare dan gatal-gatal. Hal ini tim medis harus bekerja ekstra demi menyelamatkan nyawa pengungsi. 

“ Para pengungsi ini diperiksa oleh delapan dokter gabungan dari Niqab square dari Jakarta yang dipimpin langsung dr Rara. Selain memberikan pengobatan kepada pasien sakit, tim medis ini juga membagikan Sembako dan obat- obatan, susu kepada para pengungsi di dua kecamatan tersebut.” pungkas Hasriati.| Zul

Artikel ini telah dibaca 2224 kali

#WARTA FOTO
FOTO IRIGASI TOMMO
Baca Lainnya